KPK Tangkap 4 Pejabat Daerah

uploads--1--2015--06--78381-ditangkap-kpk-operasi-tangkap-tangan-bekuk-seorang-pejabat-sumsel

JAKARTA, SATUKALIKLIK.WORDPRESS -Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 4 pejabat di wilayah Sumetera Selatan, tepatnya kabupaten Musi Banyuasin pada Jum’at (19/6) malam.

Bukti-bukti telah ditemukan oleh penyidik KPK dari hasil pemeriksaan dan gelar perkara yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan penangkapan. Keempat tersangka tersebut adalah BK (Anggota DPRD Kabupaten Musi Banyuasin), ADM (Anggota DPRD Kabupaten Musi Banyuasin), SYF (Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin) dan F (Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin).

“Memang benar kemarin (Jum’at) dilakukan operasi tangkap tangan berkaitan dengan pembahasan perubahan APBD kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun 2015,” terang Johan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta. Keempatnya telah ditetapkan menjadi tersangka setelah menjalani pemeriksaan di Mako Brimob Polda Sumsel hingga diberangkatkan ke Gedung KPK (20/6) dari Bandara SMB II Palembang.

Menurut keterangan dalam tulisan online kpk.go.id menjelaskan, tersangka BK dan ADM yang diduga sebagai pihak penerima, disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Sementara, tersangka SYF dan F disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Kronologi penangkapan terjadi sekitar pukul 20.40 WIB di rumah kediaman BK. Pada saat penangkapan, di lokasi tersebut KPK menemukan sebuah tas berwarna merah marun yang berisi uang senilai Rp 2.560.000.000 dalam pecahan lima puluh ribu rupiah dan seratus ribu rupiah.

Sejumlah orang yang diamankan dari lokasi kemudian diperiksa secara intensif di Mako Brimob Polda Sumatera Selatan. “Tim penyidik PKP mengamankan 8 orang yang pada saat itu berada di kediaman BK yang terdiri dari profesi satpam, supir, kepala dinas di kab muba, anggota DPRD,” jelas Johan. [TSY]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s